Minggu, 15 Agustus 2010

Perjalanan Ekskul Konservasi Lingkungan Hidup (KLH) SMA Negeri 3 Pangkalan Bun

Kalian tau gak sich ekskul Konservasi di SMA Negeri 3 Pangkalan Bun? Pasti yang  sekolah di sana gak mungkin gak pernah dengar. Ia kan?? Ya ia lah, itu kan ekskul paling di gemari siswa-siswi di sekolah tersebut. Kalian tau kenapa menjadi populer di sekolah tersebut ? emmm..... :-) Kita ulas saja semuanya dari awal.






Di atas adalah foto bagian depan dari sekolah ku. Kerenkan?? Hhe.. :-) ya pasti kerenlah itukan sekolah yang cukup memiliki segudang prestasi.


Oya kita lanjut tentang ekstrakulikuler tadi yuk. Ekskul konservasi ini berdiri pada tahun 2008. Wah,, masih seumuran anak bayi yah?? Pembinanya bisa kita panggil dengan nama Pak Sholeh. Beliau adalah guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Pangkalan Bun. Jadi, pada saat itu aku masih duduk dibangku SMP, yaitu masih kelas IX. Di ekskul ini, sekolah ku bekerjasama dengan Tim Yayorin. Kenapa mesti bekerja sama dengan Tim Yayorin yah ?? Aku juga tidak tau ni teman. Mungkin karena SMA kita tidak mempunyai fasilitas yang memadai kali yaa...


Setahun pun berlalu, dua musim pun ku lalui musim hujan dan musim kemarau.Terasa dan sungguh tidak terasa, aku sudah lulus SMP. Kemudian aku mengenyam pendidikan di SMA Negeri 3 Pangkalan Bun dan saat di beri angket pemilihan eksul, aku memilih ekskul KLH (Konservasi Lingkungan Hidup). Kalau zaman ku, tidak kami sebut eksul KLH lagi. Tetapi kami sebut ekskul PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup). Kami sangat senang mengikuti ekstrakulikuler tersebut. Tau gak kenapa bisa seperti itu teman-teman ?? Karena, ekskul PLH ini tidak membuat jenuh alias boring. Di sini belajarnya sangat santai (very enjoy) karena di samping ilmu yang kita dapat (tentang wawasan lingkungan), kita dapat langsung mempraktekkannya dengan cara bermain games. Senang banget deh pastinya bahkan bikin kita jadi kecanduan (positive thinking).


Pada bulan awal Agustus, Tim Yayorin sebut saja Ka Diko mengusulkan "Gimana kalau ekskul PLH ini kita beri nama seperti nama klub? SMA Negeri 1 P.Bun dan SMK Negeri 1 P.Bun sudah punya loh,, kenapa kalian gak??" tanya Ka Diko pada kami. Hmmmm...... akhirnya terbentuklah nama klub PLH kami, tepatnya pada tanggal 9 Agustus 2009. Namanya adalah D'KLOSER. Nama tersebut di cetus oleh Kak Eka, anak kelas XI-IPS 3. Tau gak D'KLOSER itu kepanjangan dari apa? Pasti yang belum pernah dengar tidak tau. D'KLOSER itu kepanjangan dari "Kelompok Konservasi SMA Negeri 3 Pangkalan Bun". 


Terdengar eh terdengar.... Bisikan ternyata suara-suara merdu kalau D'KLOSER makin eksis. Wah,, kayak kartu perdana eksis aja. Kenapa masih tetap eksis? Tadi sudah aku ceritakan bukan? Banyak siswa yang masih aktif di ekskul ini karena hal-hal yang sudah ku jelaskan sebelumnya.


Tidak lama kemudian ada Lomba Lintas Alam yang baru pertama kali dilakukan. Kegiatan ini dalam rangka memperingati  Hari Jadi Konservasi pada tanggal 11 Agustus 2009. Banyak sekolah yang berpartisipasi di lomba ini, seperti SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, SMA Negeri 2 Pangaklan Bun, SMA Negeri 3 Pangkalan Bun, SMK Negeri 1 Pangkalan Bun, SMK Negeri 2 Pangkalan Bun, SMK Negeri 3 Pangkalan Bun, SMA Negeri 1 Kumai, SMA Negeri 2 Kumai, MAN Pangkalan Bun, MAN Babussalam Kumai, dan beberapa sekolah lainnya. Kami pada lomba ini menyambet juara harapan 3. "Ini sudah merupakan hasil terbaik kita. Semoga tahun depan kita bisa memperbaikinya". Ucap salah satu kakak kelas kami dengan semangat.


Setahun pun berlalu, kini aku telah kelas XI-IPA 1. PLH pun masih tetap eksis tapi hubungan Yayorin dan SMA Negeri 3 pun telah diputuskan dengan baik-baik. " Ya kenapa diputuskan, hubungan antar dua lembaga ini sangat bagus karena saling menguntungkan", ucap aku dalam hati.


Kinipun kami berdiri bak tiang yang mulai jabuk. Kami sekarang merasa bosan. Tapi bosan itu telah kami singkirkan karena ada motivasi yang kuat. "Kita telah 2 tahun eksis" kata-kata itulah yang membuat kami semangat. Kami tidak ingin seperti abu di atas bara kombor kalau sekali ditiup langsung hilang.


Adalagi looh teman-teman yang lebih menarik. Dari beberapa ekskul yang ada di SMA Negeri 3 Pangkalan Bun. Hanya ekskul PLH saja yang diasukkan dalam materi di MULOK kelas XI. Wahhhh...... Makin tambah eksis aja. Asalkan gak seeksis monyet. Hehehe...


Emmm.... Teman-teman, itu semua adalah sebagian dari cerita perjalanan ekskul KLH SMA Negeri 3 Pangkalan Bun. Semangat ya buat generasi berikutnya, karena kita adalah generi penerus bangsa jadi kita harus berpikir kritis terhadap suatu masalah yang kecil maupun yang besar dan jangan mudah goyah nanti ekskul ini gak seksis lagi deh. Hehehe... :-)


#Kami Cinta Alam, Kami Benci Kerusakan Alam Karena 1 Yang Berbuat Akan Berdampak Kepada Orang Banyak#

8 komentar:

  1. pa it arti.a??? ku gak ngertii... lain ma da' bhsa ni....

    BalasHapus
  2. owh... y ia bh..wajib it t....

    amnrik kd crta.a???

    BalasHapus
  3. Yah lumayan...
    tp lbh mnrk kalo ada phto pas anak-anak konservasi lg aktif bersih-bersih. kalo di sekolah q pas setiap hari senin turun trus ketuanya sllu bawa kamera. jd stiap kegiatan dri ank'' kompos, tanaman, dll ada hs melalu phto.

    BalasHapus
  4. weleh weleh..... tag ada ft.a qmi nii....haha...
    mklum gak ad yg puna kmera....wgwgwg

    BalasHapus
  5. Yah pake kamera hp dulu bisa aja...
    Kan biar yg baca biar bisa lebih tau dan paham kalo liat ank'' konservasi aktif turun lngsng.
    Itu sih saran aja

    BalasHapus
  6. mreka t pda gtw cra masukinnya.....

    BalasHapus